Halaman

10/26/2012

Mengenal Perangkat Display Adapter

Apa itu Display adapter .......?
Kartu VGA Express oleh Pondok IPTEK
Salah satu kartu yang terpasang pada slot ekspansi adalah Display Controller/Adapter. Kartu inilah yang memungkinkan komputer dapat menampilkan data ke layar monitor. Display Adapter hingga saat ini telah  mengalami banyak sekali perkembangan dan perubahan, mulai dari MDA (Monocrome Display Adapter) untuk monitor teks monokrom, kemudian CGA (Color Graphics Adapter) untuk monitor teks berwarna yang dilanjutkan dengan EGA (Enhanced Graphics Adapter) dan versi terakhir adalah VGA (Video Graphics Adapter) atau disebut VGA Card serta SVGA (Super Video Graphics Adapter).
Display Adapter yang terakhir telah berkembang pula, mulai dari jenis slot yang dipergunakan sampai jumlah memori yang terpasang sehingga ada VGA Card untuk slot ISA, AGP, PCI dan PCI Expres.
Namun Untuk VGA Card jenis ISA sudah tidak banyak lagi dipergunakan. Sedangkan jumlah memori yang terpasang pada VGA Card saat ini tidak hanya berhenti pada 1MB saja tetapi sudah mencapai satuan Giga. Besarnya memori sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan pada layar monitor. Semakin besar memori yang dimiliki maka semakin tinggi resolusi gambar dan jumlah warna yang mampu ditampilakn. Jika dulu VGA Card hanya mampu menampilkan 16 warna dengan resolusi 640 x 480 dpi (dot per inch), tetapi kini VGA Card mampu menampilkan 32 bit dengan resolusi 1024 x 840 dpi atau telah berkembang lagi sekitar 60 an bit.
Kemampuan ini penting mengingat banyaknya aplikasi grafis yang membutuhkan kualitas gambar prima. Dengan resolusi tinggi maka pekerjaan yang membutuhkan ketepatan gambar akan semakain mudah dan cepat serta teliti. Untuk Display adapter lama seperti CGA, EGA, MDA sudah tidak dikembangkan atau sudah tidak diproduksi lagi kalaupun ada tentunya itu adalah barang second /2nd karena memang kemampuannya yang terbatas hanya bisa menampilkan teks atau gambar dalam format teks.

Oleh : ndoroguru

No comments:

Post a Comment